Saturday, March 7, 2020

Mengenal Macam-Macam Olahan Nasi di Indonesia


Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang berasal dari beras yang ditanak. Di berbagai daerah di Indonesia, nasi juga diolah menjadi berbagai sajian yang menggugah selera. Anda bisa menemukan berbagai resep olahan nasi khas Indonesia dan membuatnya di rumah atau Anda juga bisa memesannya di berbagai catering seperti catering yang menyediakan jasa pesan nasi kebuli

Bagi Anda yang masih belum mengetahui berbagai olahan nasi dari berbagai daerah di Indonesia, berikut beberapa olahan nasi yang akan menggugah selera Anda.

1. Nasi padang

Olahan nasi padang tampaknya menjadi olahan nasi yang paling populer di Indonesia. Bahkan menu Andalan dari nasi padang yaitu rendang sempat dinobatkan sebagai makanan yang paling enak di dunia. Seperti namanya, nasi ini berasal dari daerah Padang. Nasi padang umumnya disajikan berbagai varian menu bersantan dengan bumbu khasnya yang sangat lezat.

2. Nasi kebuli

Nasi kebuli adalah sajian makanan yang populer di kalangan masyarakat Betawi. Nasi kebuli merupakan hasil akulturasi masyarakat Indonesia dengan warga keturunan timur tengah. Sajian nasi ini merupakan nasi yang diolah bersama dengan daging kambing, susu kambing, dan ditambah dengan minyak samin sehingga menghasilkan nasi dengan cita rasa yang gurih. Saat ini Anda juga bisa pesan nasi kebuli di berbagai jasa catering.

3. Nasi uduk

Nasi uduk juga menjadi salah satu olahan nasi yang cukup populer dan banyak dijual di pagi hari karena cocok menjadi makanan untuk sarapan. Olahan nasi ini awalnya berasal dari daerah betawi. 

Cara pembuatan nasi uduk adalah dengan memasak beras yang dicampur dengan santan kelapa. Proses memasak dengan santan ini membuat nasi uduk memiliki cita rasa yang gurih. Umumnya nasi uduk disantap bersama lauk lainnya seperti telur dan kerupuk.

4. Nasi kucing

Jika Anda pernah berkunjung ke kota-kota di Jawa Tengah seperti Solo atau Yogyakarta, Anda pasti banyak menemukan pedagang angkringan di setiap sudut kota. Menu khas dari angkringan tersebut adalah nasi kucing. Nasi kucing merupakan nasi yang dibungkus dalam porsi kecil seolah seperti porsi untuk kucing. Nasi ini sangat nikmat disantap dengan lauk pauk khas angkringan lainnya.

5. Nasi jinggo

Nasi jinggo adalah olahan nasi yang berasal dari daerah Bali. Nasi jinggo biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang dalam porsi kecil dan dilengkapi lauk pauk lainnya seperti mie goreng, telur, dan juga sambal dengan cita rasa khas.

6. Nasi megono

Nasi megono adalah sajian yang sangat terkenal di wilayah pantura hingga Pekalongan Jawa Tengah. Nasi megono adalah sajian nasi yang dipadukan dengan nangka muda yang dicacah dan diberi parutan kelapa di atasnya.

Itulah beberapa olahan nasi khas Indonesia dari berbagai daerah yang bisa Anda coba buat di rumah. Jika Anda tidak memiliki waktu, Anda bisa memesannya di berbagai jasa catering yang tersedia seperti jasa catering pesan nasi kebuli. 

0 comments:

Post a Comment