Monday, January 13, 2020

Kapan Tepatnya Harus ke Dokter Bedah Saraf? Temukan Jawabannya di SehatQ.com


Beberapa penyakit dalam ranah Bedah Saraf terkadang tidak menimbulkan gejala selain sakit kepala. Selain itu, ada beberapa kasus juga dimana tumor yang tumbuh sangat lambat namun berada di area berbahaya, misalnya di Saraf Tulang Belakang. Nah, jika Anda bingung tentang kapan sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter Bedah Saraf, yuk ikuti artikel kesehatan di SehatQ.com berikut ini.

Apakah Departemen Bedah Saraf Itu?

Dokter Bedah Saraf sendiri merupakan seorang Dokter Spesialis dalam gangguan sistem saraf pada tubuh manusia. Mereka akan mendiagnosis, mengobati, dan bahkan juga melakukan operasi dalam rangka memberi penanganan terbaik terhadap kasus-kasus yang terjadi.

Diperlukan setidaknya gelar Dokter Umum terlebih dahulu sebelum belajar spesialisasi saraf yang memakan waktu minimal 5 tahun. Lamanya waktu belajar tersebut belum termasuk magang, pengabdian, dan juga menjadi residen dan bahkan fellowship di sebuah RS. Hal ini dilakukan mengingat sistem saraf manusia merupakan sistem kompleks yang berada di seluruh tubuh dimana pusatnya berada di otak dan tulang belakang.

Kompleksnya jaringan saraf inilah yang mengatur tubuh manusia bisa beroperasi setiap harinya. Saraf ini juga yang membawa pesan dari otak dan saraf tulang belakang menuju seluruh bagian tubuh. Hal yang sama juga terjadi sebaliknya. Maka dari itu, bisa dikatakan jika Ahli Bedah Saraf adalah Ahli yang sangat penting dan tugasnya sangat berat.

Namun rupanya, pekerjaan yang berat ini terkadang tidak mereka pikul sendiri. Dalam banyak kasus, Dokter Bedah Saraf sering bekerjasama dengan beberapa Dokter Spesialis lain untuk memperluas keberhasilan penyembuhan. Mereka antara lain Dokter Bedah Ortopedi dan Dokter Spesialis Saraf. Kerjasama yang dimaksud contohnya Dokter Spesialis Saraf memberi obat untuk penyakitnya sedangkan Bedah Saraf yang menangani operasinya.

Kapan Sebaiknya Datang ke Dokter Bedah Saraf?

Sebelum artikel kesehatan di SehatQ.com ini membahas tentang kapan Anda sebaiknya datang ke Dokter Bedah Saraf, ada baiknya Anda tahu dulu apa saja ragam penyakit yang dapat ditangani oleh Spesialis satu ini. Penyakit-penyakit ini tentunya bukan penyakit yang mudah diatasi. Pengobatannya pun membutuhkan diagnosis tepat dan kecermatan prosedur.

Lalu, kapan Anda harus datang ke Dokter Bedah Saraf? Apakah menunggu hingga penyakit parah baru datang? Jawabannya tentu saja tidak. Ketika tubuh mengalami gangguan, tentu Anda akan merasakannya. Misalnya saja sakit kepala yang menetap dan tidak hilang meski sudah minum aspirin, muntah tiba-tiba, pingsan tanpa sebab, hingga kejang. Jika Anda mengalami ini, maka segera buka aplikasi SehatQ.com dan konsultasi chat dengan dokter.

Caranya bagaimana? Sangat mudah lho. Anda hanya perlu log in dan mencari fitur ‘chat dokter’. Disana, Anda bisa berkonsultasi segala keluhan dengan dokter terpercaya dan berkualitas. Setelah mendapat diagnosis, Anda bisa banget mengadakan janji temu. Cukup klik ‘booking dokter’ dan pilih dokter yang ingin Anda tuju. Untuk melengkapi informasi Anda, maka buka saja fitur ‘artikel’ dan cari banyak info soal penyakit Anda.

Paket lengkap dalam SehatQ ini harus Anda lakukan. Pasalnya jika Anda tidak segera memeriksakan diri, bisa-bisa kondisi Anda menjadi semakin parah dari hari ke hari. Anda bahkan bisa mengalami kelumpuhan pada lengan dan tungkai, mati rasa di beberapa bagian tubuh, tremor tak berkesudahan, demensia, hingga koma. Itulah mengapa gejala sederhana tidak bisa diabaikan dan Anda harus segera periksa.

Demikian ulasan mengenai artikel kesehatan satu ini di SehatQ.com. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment