Thursday, January 2, 2020

Anak Susah Makan Sayur? Dibandingkan Memarahinya, Anda Bisa Terapkan Solusi ini!


Orang tua mana yang tidak khawatir ketika anak susah makan sayur? Tentu setiap orang tua akan merasa khawatir dan akan berupaya agar anak menyukai sayur. Lebih dari itu sayur memang mengandung banyak gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung daya tumbuh kembang anak.

Beberapa orangtua mungkin masih bisa mengendalikan emosinya ketika si kecil susah makan sayur, namun tidak sedikit pula yang tidak bisa mengontrol emosinya. Alhasil anak pun dimarahi, padahal sikap yang demikian justru menimbulkan rasa trauma pada anak. Ya, bukan tidak mungkin ketika Anda memarahi si kecil karena tidak mau makan sayur, justru membuat anak akan semakin membenci sayur itu sendiri.

Solusi Saat Anak Tidak Mau Makan Sayur

Lalu, kira-kira solusi apa yang bisa dilakukan orangtua ketika anak susah makan sayur?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar si kecil mau makan sayur  tanpa harus memaksa atau memarahinya :

1. Jadilah teladan bagi si Kecil

Pola makan anak itu biasanya mengikuti orang tua. Jika Anda menginginkan anak doyan sayuran, maka pastikan Anda sendiri menyukainya. Upayakan menu sayur mayur masuk dalam daftar dalam menu makanan sehari-hari Anda. Jadilah teladan bagi si kecil, karena si kecil akan selalu mencontoh apa yang Anda lakukan. Tunjukkan pada anak bahwa sayuran merupakan makanan yang enak dan menyehatkan.

2. Ajak Anak terlibat memasak atau menyiapkan sayuran

Pada dasarnya, anak-anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang anak sajikan sendiri. Biasanya anak akan menjadi lebih appreciate terhadap makanan tersebut karena anak merasa telah berjuang menyajikannya. Oleh karena itu cobalah untuk mengajak si kecil berbelanja sayuran ke pasar atau supermarket. Biarkan anak memilih sayuran yang disukai, lalu ajaklah anak untuk terlibat dalam mengolah hingga menyajikan sayuran tersebut.

3. Kenalkan sayuran sejak kecil

Selain menjadi teladan dalam mengkonsumsi sayuran, pastikan Anda juga membiasakan anak mengkonsumsi sayur dengan treatment yang menyenangkan. Anda bisa memulainya dengan menyajikan beragam sayuran pada saat si kecil mulai mengkonsumsi makanan pengganti ASI (MPASI).

4. Jangan terbiasa menyembunyikan sayuran

Langkah yang ditempuh para orangtua ketika mendapati si kecil susah makan sayur biasanya adalah dengan menyembunyikan sayuran pada makanan seperti olahan daging dan telur. Namun, ternyata cara ini tidak serta merta langsung berhasil membuat anak menyukai sayuran tersebut ketika disodorkan dalam wujud asli. Pasalnya, ketika disembunyikan dalam olahan daging atau telur, rasa yang ditampilkan sayuran tersebut bukan rasa asli.

Hal ini justru akan membuat anak semakin kehilangan kepercayaan terhadap makanan yang dicampur sayuran tanpa sepengetahuan anak. Maka dari itu, lebih baik Anda kenalkan sayuran dengan utuh dan menyenangkan dengan mengajaknya terlibat dalam penyajiannya, daripada harus menyembunyikan dalam olahan makanan lain tanpa sepengetahuan anak.

Itulah 4 solusi yang bisa Anda terapkan sebagai orangtua ketika anak susah makan sayur. Cobalah untuk selalu memperlihatkan pada anak Anda jika makan sayur itu menyenangkan dan menyehatkan. Selain itu, sajikanlah sayuran dengan menu olahan yang bervariasi agar anak tidak bosan dengan menu makanan yang Anda sajikan. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 comments:

Post a Comment