Monday, December 9, 2019

4 Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat


Kebanyakan perempuan pasti ingin memiliki rambut yang panjang dan sehat. Berbagai perawatan dijalani supaya mendapatkan rambut yang diinginkan. Namun, terkadang kita tidak bisa menghindari kondisi rambut yang kering. Perawatan sederhana dan murah yang dapat kita gunakan adalah perawatan menggunakan shampo untuk rambut kering. 

Merawat Rambut Dengan Benar

Agar memperoleh rambut yang panjang dan sehat, di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan.

1. Produk sesuai jenis rambut

Dalam melakukan perawatan rambut agar tetap sehat, pilihlah produk yang sesuai dengan karakter rambut. Jika rambut kita memiliki jenis rambut yang cenderung berminyak, maka kita perlu memilih produk perawatan rambut seperti shampo untuk rambut kering dan kondisioner untuk jenis rambut yang berminyak. Pemilihan produk yang sesuai dengan kondisi rambut kita, mampu mengurangi kerusakan pada rambut.

2. Keramas menggunakan kombinasi air hangat dan dingin

Keramas dengan air hangat dapat membuka pori-pori pada kulit kepala. Hal ini dapat membantu meluruhkan kotoran bersama air. Namun, suhu air hangat yang lebih tinggi dapat menyebabkan akar rambut cepat rusak. Sedangkan, keramas menggunakan air dingin dinilai dapat menambah kekuatan akar rambut selain dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala. 

Akan tetapi, air dingin tidak mampu membersihkan kulit kepala sebaik air hangat dan cenderung akan membuat rambut lebih cepat lepek dan berminyak. Solusinya, kita bisa membasahi rambut dengan air hangat yang dilanjutkan dengan mencuci rambut dan dibilas dengan menggunakan air dingin. Kombinasi ini dinilai dapat membersihkan kotoran dan menjaga agar kulit rambut tetap sehat.

3. Tidak menggosok dan menyisir rambut saat masih basah

Sebagian dari kita pasti memiliki kebiasaan menggosok atau menyisir rambut ketika rambut masih basah. Ketika dalam kondisi basah, rambut cenderung lebih rentan. Oleh sebab itu, ketika kita sering menggosok dan menyisir rambut rambut kita akan dengan mudah rontok atau patah. Daripada menggosok, kita disarankan membungkus rambut yang basah dengan handuk.

4. Sisir rambut dengan benar

Dalam menyisir rambut, kita sebaiknya menyisir dari ujung rambut terlebih dahulu lalu setelahnya dari pangkal rambut. Menyisir rambut langsung dari pangkal rambut dapat membuat rambut lebih mudah rontok karena rambut yang kusut. 

Selain itu, hindari pula menyisir rambut saat rambut sedang basah. Seperti yang diulas di point sebelumnya, rambut basah cenderung lebih rentan. Ketika kita menyisir rambut yang basah, rambut akan cenderung mudah rontok, patah, atau kusut.

Beberapa tips untuk merawat rambut di atas semoga dapat memberikan referensi bagi kita dalam merawat rambut. Diharapkan dengan merawat rambut dengan baik dapat memberikan rambut yang sehat dan kuat. Lengkapi rangkaian perawatan rambut dengan berbagai macam jenis produk perawatan rambut, mulai dari shampo untuk rambut kering, kondisioner, vitamin, hingga serum. 

0 comments:

Post a Comment