Thursday, September 12, 2019

Tips Memilih Dokter Spesialis Akupuntur yang Bagus


Akupuntur pada dasarnya termasuk kedalam salah satu bidang pengobatan tradisional, ilmu pengobatan yang satu ini pertama kali dikembangkan di China, hingga sekarang ini masih cukup populer digunakan untuk mengobati beberapa jenis keluhan kesehatan tertentu dengan hasil yang juga cukup efektif. Bahkan juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada ilmu medis khusus yang mempelajari mengenai akupuntur tersebut. Sehingga jika Anda lihat juga ada beberapa diantara rumah sakit yang memiliki dokter spesialis akupuntur.

Lalu sebenarnya seberapa efektifkah pengobatan dengan memakai teknik tradisional menggunakan jarum kecil-kecil ini? sebenarnya juga tak kalah efektif, hanya saja ia tidak dapat digunakan untuk mengatasi semua jenis penyakit, hanya beberapa golongan masalah kesehatan tertentu saja yang nyatanya dapat diobati menggunakan metode akupuntur tersebut, seperti diantaranya adalah:

1. Gangguan pencernaan, mereka yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, maka bisa mencoba teknik pengobatan dengan akupuntur, seperti diantaranya adalah sembelit, diare, kemudian juga maag.

2. Pernapasan, gangguan yang berhubungan dengan pernapasan seperti layaknya asma, bronkitis hingga pilek bisa diobati memakai metode akupuntur.

3. Vaskular, penyakit tekanan darah tinggi, kemudian juga varises hingga wasir.

4. Ginekologi, masalah yang berhubungan dengan menstruasi yang dialami oleh wanita, seperti diantaranya adalah menstruasi yang sakit, kemudian juga gejala menopouse biasanya sering kali dipercayakan dengan pengobatan tradisional ini.

5. Emosional, mereka yang mengalami gejala depresi, kemudian juga kecemasan maka bisa sedikit diredakan dengan pengobatan metode ini.

Hanya saja memang tidak semua rumah sakit memilih dokter spesialis akupuntur, maka berikut ini diantaranya beberapa tips bagi Anda untuk dapatkan yang terbaik, yaitu:

1. Temukan terlebih dahulu referensi rumah sakit yang memiliki spesialis ini, karena memang tidak semua rumah sakit yang ada di Indonesia memiliki bagian tersebut, jadi mungkin agak sulit menemukannya, kecuali di beberapa rumah sakit besar. Jadi sebaiknya Anda cari-carilah informasinya terlebih dahulu sebelum datang kesana.

2. Pertimbangkan juga masalah kesehatan yang dialami, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahkan memang tidak semua jenis penyakit dapat diobati dengan metode akupuntur ini, untuk itu ada baiknya bagi Anda dalam melihat terlebih dahulu penyakit apa yang dimiliki tersebut, sebelum nantinya melakukan pengobatan dengan akupuntur.

3. Pertimbangkan rekomendasi dari orang lain, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan melihat review atau rekomendasi orang yang sudah pernah menjalani pengobatan dengan metode yang satu ini, apakah benar-benar bagus ataukah tidak. Karena patut untuk diketahui juga bahwa pada dasarnya metode pengobatan dengan mengandalkan jarum-jarum untuk akupuntur ini juga memiliki beberapa jenis resiko atau efek samping, seperti diantaranya adalah alergi, infeksi dan masih banyak lagi diantaranya.

4. Perhatikan juga biayanya, faktanya memang biaya pengobatan dengan teknik tradisional khas Tiongkok ini terkadang juga tidak bisa dikatakan murah, sehingga nantinya pasien juga dapat mempertimbangkan alternatif pengobatan dengan metode yang lainnya, siapa tahu tarifnya lebih terjangkau. Sehingga nantinya Anda juga tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak budget bukan.

Perhatikan 4 hal di atas sebelum memilih spesialis akupuntur untuk menangani kondisi kesehatan Anda. Pengobatan yang satu ini di Indonesia memang tidak begitu populer, namun ada beberapa klinik yang secara khusus memang masih menjalankannya. Apalagi beberapa orang lebih senang dengan metode tradisional dibandingkan dengan pemakaian obat-obatan medis.

0 comments:

Post a Comment