Monday, June 17, 2019

4 Alasan Sebaiknya Kita Berbuka Puasa dengan Makanan Atau Minuman Manis


Hal apakah yang paling Anda rindukan selama bulan puasa, apakah bangun tengah malam untuk sahur bersama, berburu takjil atau mungkin sholat tarawih berjamaah di masjid. Moment-moment tersebut memang tidak akan bisa Anda dapatkan di bulan-bulan yang lainnya. Bahkan dibandingkan dengan hari-hari biasa, maka menu berbuka jauh lebih terlihat nikmat. Apalagi menu puasa hari pertama, setelah tubuh mengalami lapar dan juga haus karena menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

Bahkan memang dianjurkan bagi umat muslim untuk memulai berbuka dengan menu makanan yang manis, sebenarnya apa alasannya? Berikut ini yang patut untuk diketahui, yaitu:

1. Dapat mengembalikan energi tubuh, kandungan gula yang ada di dalam menu makanan maupun minuman manis ini tinggi, sehingga berguna untuk mengembalikan energi tubuh yang sebelumnya habis setelah menahan lapar dan dahaga selama seharian.
2. Merupakan anjuran dari Rasulullah, bahkan Al-Quran juga menyebutkan sebaiknya berbuka dengan yang manis-manis. Karena dulunya Rasulullah memang mengawali berbuka puasanya dengan konsumsi menu makanan manis yaitu 3 butir kurma.
3. Membantu untuk mencegah anemia, berbuka dengan yang manis khususnya adalah kurma sebenarnya sangatlah membantu untuk cegah kekurangan sel-sel darah merah atau anemia. Karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya terbilang tinggi, senyawa ini nantinya digunakan dalam pembentukan sel-sel darah merah.
4. Dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, kurma ini juga termasuk buah yang kaya akan kandungan serat. Dimana Anda juga sudah tidak asing lagi bahwa serat larut ini sangatlah berguna di dalam mencegah masalah pencernaan, khususnya adalah sembelit. Membuat usus nantinya juga menjadi jauh lebih sehat.

Tentunya jangan sampai jumlah makanan atau minuman manis yang dikonsumsi ketika berbuka ini berlebihan, karena jika berlebihan juga kurang baik. Karena bisa meningkatkan resiko kegemukan sampai dengan penyakit diabetes melitus. Dapatkan berbagai macam artikel menarik yang lainnya di blog EF Adults, langsung kunjungi saja website resminya.

0 comments:

Post a Comment