Saturday, May 4, 2019

Kesalahan Saat Renovasi Rumah Akibat Tidak Mengandalkan Jasa Renovasi Rumah


Setelah punya rumah sekian lama, hal apa yang perlu Anda lakukan? Ya, tentu saja, renovasi rumah. Kalau berbicara tentang renovasi rumah, biasanya akan merembet juga ke pembahasan mengenai pilihan dalam menentukan penyedia jasa renovasi rumah. hal ini dikarenakan Anda tidak mungkin mengerjakan renovasi rumah seorang diri.

Renovasi rumah sudah menjadi kebutuhan, baik untuk memperbaiki bagian-bagian rumah yang sudah mulai rusak ataupun untuk menambah ruangan di dalam rumah. Memang sebaiknya rumah hunian dilakukan perbaikan secara berkala untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang mempunyai perencanaan kurang matang ketika ingin merenovasi rumah. Bukannya menyiapkan anggaran, mereka malah lebih sibuk memikirkan hal-hal yang sudah ditangani oleh penyedia jasa renovasi rumah. Hal ini tentu saja buang-buang waktu.

Ada banyak kesalahan yang mungkin dilakukan ketika ingin merenovasi rumah. Anda sebaiknya menghindari beberapa kesalahan-kesalahan berikut ini.

1. Terlalu fokus pada pemenuhan keinginan
Dalam merenovasi rumah, Anda perlu memiliki tujuan yang jelas. Pastikan keputusan tersebut diambil atas dasar kebutuhan, bukan karena keinginan. Jika didasari atas kebutuhan, renovasi rumah akan memperbaiki bagian-bagian yang rusak. 

2. Anggaran yang tidak realistis
Renovasi rumah membutuhkan biaya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk membuat detail anggaran yang dibutuhkan. Sesuaikan kebutuhan dan keinginan dalam merenovasi rumah dengan anggaran yang Anda miliki.

Berhemat selama melakukan renovasi rumah itu penting agar keuangan tetap aman. Tapi bukan berarti Anda menetapkan anggaran renovasi yang terlalu kecil. Nantinya malah berdampak pada pemilihan material yang kurang berkualitas. Jadi, buatlah rencana anggaran yang realistis yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Tidak membuat prioritas kebutuhan dalam renovasi
Kesalahan lainnya yang sering dilakukan ketika merenovasi rumah adalah Anda tidak membuat skala prioritas. Mungkin ada banyak bagian yang membutuhkan renovasi namun anggaran yang Anda miliki terbatas. Tanpa membuat skala prioritas, yang Anda lakukan terkesan buang-buang duit saja.

Jika anggaran yang Anda miliki terbatas, jangan menuruti ego untuk merenovasi beberapa bagian rumah sekaligus agar terlihat lebih indah. Lebih baik Anda memilih bagian rumah yang paling mendesak untuk direnovasi. Prioritaskan kebutuhan Anda.

4. Perubahan rencana yang mendadak
Hal penting yang harus selalu Anda catat adalah buat perencanaan renovasi yang matang hingga hal-hal terkecil. Tanpa perencanaan dan pertimbangan yang matang, Anda bisa membuat perubahan mendadak di tengah jalan karena ada yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Perubahan rencana yang mendadak tidak baik untuk proses renovasi rumah. Selain itu, anggaran bisa bertambah banyak karena perubahan ini. Karena itu, pertimbangkan dengan matang rencana renovasi rumah Anda kemudian patuhi rencana yang telah Anda susun itu.

5. Tidak memanfaatkan layanan penyedia jasa
Menolak menggunakan jasa renovasi rumah bisa jadi kesalahan yang Anda sesali di kemudian hari. Penyedia jasa renovasi memiliki orang-orang yang sudah ahli di bidangnya. Mereka akan membantu Anda menyusun rencana dan memberikan solusi serta saran untuk renovasi rumah Anda.

Boleh-boleh saja Anda merenovasi rumah tanpa menggunakan jasa ini dan memilih untuk menanganinya sendiri. Tapi kalau tidak yakin, tidak ada salahnya menggunakan jasa untuk renovasi rumah agar resiko kegagalan dalam renovasi bisa dihindari.

Itulah lima kesalahan yang mungkin dilakukan ketika merenovasi rumah. Kesalahan-kesalahan tersebut bisa diminimalisir jika Anda membicarakan masalah renovasi kepada ahlinya. Salah satunya kepada penyedia jasa renovasi rumah yang memiliki orang-orang berkompeten di bidang ini.

0 comments:

Post a Comment