Saturday, April 6, 2019

Menengok Tips Hemat untuk Renovasi Rumah Anda


Adanya keadaan tertentu atau semakin banyak anggota keluarga bisa saja membuat Anda untuk mulai memikirkan renovasi rumah. Merenovasi rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda harus menyiapkan beberapa dana yang tidak sedikiit hanya demi untuk menempati rumah yang nyaman. Tapi pada kenyataannya, mayoritas orang masih enggan untuk merenovasi rumah mereka.

Ketika telah muncul niat untuk merenovasi rumah, bukan tidak mungkin terbayang betapa ribetnya karena berbagai hal yang rumit. Dan tidak jarang juga masalah baru muncul ketika renovasi rumah sudah mulai berjalan, sehingga membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang ekstra.

Dalam merenovasi rumah memang diperlukan persiapan yang matang. Anda perlu menyiapkan anggaran dan merancang konsep yang Anda inginkan untuk tampilan hunian Anda yang baru. Semakin banyak yang Anda bongkar atau renovasi, maka biaya yang Anda keluarkan pun juga semakin banyak. Padahal sebenarnya Anda bisa membuat anggaran jasa renovasi rumah Anda menjadi lebih murah.

Tips Hemat Renovasi Rumah

Jika Anda berencana atau ingin merenovasi rumah, cara di bawah ini bisa Anda terapkan agar biaya yang Anda keluarkan tetap murah dan hemat.

1. Gunakan bahan bangunan bekas, tapi masih layak pakai

Tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan bangunan yang sudah tidak terpakai untuk merenovasi rumah Anda, namun dengan catatan masih layak untuk dipakai. Bahan bangunan ini bisa Anda dapatkan dari bekas hasil renovasi sebelumnya yang tidak terpakai atau yang termasuk ke dalam bagian yang ikut direnovasi. Dengan memanfaatkan bahan tersebut, sudah bisa dipastikan akan menekan biaya yang Anda keluarkan untuk merenovasi rumah.

2. Hitung rencana pengeluaran

Menghitung rencana pengeluaran yang akan Anda lakukan untuk merenovasi rumah termasuk hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk tetap membuat pengeluaran yang diperlukan dan menghindari pembengkakan pada biaya pengeluaran. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri, atau jika belum puas Anda bisa berkonsultasi dengan tukang, ahli atau jasa renovasi rumah terbaik yang sekarang sudah banyak dijumpai.

3. Pilih kontraktor atau tukang renovasi rumah yang terpercaya

Kontraktor atau tukang biasanya menawarkan harga yang lebih murah dan dengan pengerjaan waktu yang relatih lebih cepat. Selain itu, biaya yang akan Anda keluarkan juga bisa Anda percayakan kepada kontraktor. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, jangan sampai asal memilih meskipun harga yang ditawarkan murah, tetapi hasilnya kurang sesuai dengan keinginan.

4. Buat skala prioritas

Untuk menghemat biaya renovasi, sebaiknya tentukan terlebih dahulu bagian rumah yang ingin Anda renovasi. Sebaiknya jangan merenovasi semua bagian rumah. Karena hal ini kembali lagi berkaitan dengan biaya yang Anda keluarkan. Sebaiknya tentukan terlebih dahulu bagian–bagian rumah yang akan direnovasi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghemat pengeluaran biaya saat renovasi rumah. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment